banner 728x250

Direktur Eksekutif Gapuspindo Dukung Komitmen Pemerintah Atasi Wabah PMK Jelang Idul Adha 1444 H

  • Bagikan
banner 468x60

Jakarta – Direktur Eksekutif Gabungan Pelaku Usaha Sapi Potong Indonesia (Gapuspindo) Joni Liano mendukung upaya gerak cepat Pemerintah dalam mengatasi wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak menjelang hari raya Idul Adha 2023.

Dia mendukung usaha pemerintah pusat hingga daerah, termasuk pembentukan Gugus Tugas Penanganan terkait dengan PMK sesuai dengan Kepmentan Nomor 405 Tahun 2022 dan UU Nomor 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan.

banner 336x280

“Dampak ekonomi dan sosial yang sangat tinggi harus dijadikan fokus penanganan selain penanganan virus PMK. Kendati diketahui bahwa virus PMK bukan termasuk kategori zoonosis atau perpindahan virus dari hewan ke manusia dan/atau sebaliknya, masyarakat membutuhkan pemahaman secara detail,” katanya, di Kantor Gapuspindo Pasar Minggu Jakarta Selatan, hari ini.

Menurut dia, dampak ekonomi dan sosial yang sangat tinggi harus dijadikan fokus penanganan selain penanganan virus PMK.

Kendati diketahui bahwa virus PMK bukan termasuk kategori zoonosis atau perpindahan virus dari hewan ke manusia dan/atau sebaliknya, masyarakat membutuhkan pemahaman secara detail.

“Tidak bisa disangkal lagi bahwa masyarakat sangat membutuhkan daging sehat dan aman,” ucapnya.

Upaya pemenuhan kebutuhan akan daging dan hewan ternak yang sehat dan aman, kata dia, perlu langkah-langkah khusus.

“Misalnya, mendatangkan daging atau hewan ternak sehat dari daerah atau wilayah yang bebar-benar aman dari virus PMK,” katanya.

Menurut dia, hal tersebut sebagai salah satu upaya agar kebutuhan akan daging dan hewan ternak sehat terpenuhi sekaligus membantu para pengusaha ternak tetap bisa bertahan, baik di daerah asal pengiriman maupun pengusaha ternak di daerah tujuan.

“Melihat urgensinya permasalahan dampak PMK maka diperlukan sinergi sehingga masyarakat tidak resah. Apalagi, sebentar lagi menghadapi Idul adha 2023 dan kebutuhan hewan ternak yang sehat mutlak dibutuhkan,” sebutnya.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close