banner 728x250

Bakal Sambangi Mabes Polri, Kamerad Minta Copot Kapolda Sumut

  • Bagikan
banner 468x60

Jakarta – Komite Aksi Mahasiswa Pemuda Untuk Reformasi dan Demokrasi (Kamerad) mengancam akan turun ke jalan melakukan aksi demo mendesak agar Kapolri Jenderal Tito Karnavian mencopot jabatan Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel di Mabes Polri, Kamis (12/1/2017). Mereka menyayangkan penyambutan Kapolda Sumut atas kedatangan Imam besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di Medan yang sedianya akan menghadiri tabligh akbar.

“Kamis, kami bersama ratusan mahasiswa akan sambangi Mabes Polri meminta agar Kapolri mencopot jabatan Kapolda Sumut. Kami sayangkan penyambutan tersebut sebab Habib Rizieq bukanlah pejabat negara buat apa menyambutnya dengan istimewa,” kata Ketua Presidium Kamerad Haris Pertama hari ini.

banner 336x280

Sebelumnya, sejumlah aktivis dan beberapa tokoh juga meminta Rycko dicopot dari jabatannya. Alasan lainnya gara-gara menyampaikan pidato sambutan pada Tabligh Akbar di Masjid Agung Medan, Rabu (28/12/2016) sore, yang diisi oleh Habib Rizieq. Dalam sambutannya, Kapolda Sumut menyebut Habib Rizieq sebagai imam besar umat muslim Indonesia. Bahkan muncul tagar #CopotKapoldaSumut sehingga tagar itu menjadi trending topic.

Haris mengingatkan agar Kepolisian bertindak netral dalam menyikapi fenomena yang dinilai kontroversial atas kedatangan Imam Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) tersebut. Sehingga Haris mengkritik keras tindakan yang dilakukan oleh Kapolda Sumut tersebut.

“Kapolda Sumut harus nya netral tanpa menyambutnya dengan istimewa. Hal ini justru berpotensi merusak kerukunan umat beragama bahkan perpecahan. Sekali lagi kami kecewa dengan penyambutan tokoh yang belakangan ini kerap kali mengatakan statemen yang cenderung provokatif dan intoleran” sebut dia.

Lebih jauh, Haris menyarankan kepada Kapolri untuk dapat menindak tegas atau bahkan mengganti Kapolda Sumut tersebut. “Segera ganti Kapolda Sumut oleh Kapolri,” tukasnya.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close