banner 728x250

Perpanjang Otsus Papua Jilid II, Tapi Gelar Evaluasi dan Revisi

  • Bagikan
banner 468x60

JAKARTA – Koordinator Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Papua – Jakarta Yoel Finse Ulimpa menyikapi pro kontra tentang rencana melanjutkan otonomi khusus bagi Papua dan Papua Barat.

Seperti diketahui, otonomi khusus Papua dan Papua Barat akan berakhir pada 2021 mendatang. Mendagri Tito Karnavian sudah mengatakan otsus akan diperpanjang.

banner 336x280

Yoel Finse Ulimpa menjelaskan, dinamika Otsus jilid 2 yang saat ini menjadi perdebatan harus segera diselesaikan. Jika pun Otsus jilid II dilanjutkan maka perlu ada evaluasi atau revisi. Seperti implementasinya yang harus diperketatkan sehingga proses untuk Otsus ini lebih bermanfaat dan mensejahterahkan rakyat Papua.

“Harus diselesaikan problemnya dengan program kerja-kerja nyata dari Pemerintah pusat untuk lebih menekankan pemerintah daerah nya. Anggaran yang begitu besar harus menyentuh rakyat Papua. Ini harus ada evaluasi, pemerintah pusat mengawasi dan desain itu harus menyentuh kepada rakyat,” jelasnya, hari ini.

Dia berpesan agar dana besar yang digunakan untuk mensejahterakan rakyat Papua itu harus diatur dengan regulasi, sehingga betul-betul berdampak pada masyarakat Papua.

“Regulasi harus ada agar benar-benar ditekankan. Apalagi Pemerintah serius dalam membangun rakyat Papua itu sendiri. Ketika berbicara Otsus yang memiliki banyak manfaat yaitu ekonomi, kesejahteraan,” pungkasnya.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close