news

Stop Konten Negatif, Komunitas Media Jangan Sebar Hoax dan Provokasi

JAKARTA – Komunitas Media Tribun Network mengajak semua pihak khususnya kelompok media online untuk berkomitmen melawan hoax, yang marak disebarluaskan melalui media sosial.

“Saya berharap semua pihak bisa menjadi virus untuk menyebarkan komitmen melawan hoax. Agar masyarakat kita bisa semakin cerdas menggunakan media sosial,” kata Ketua Tribun Network Aditya, hari ini.

Menurut dia, saat ini jumlah pengguna internet atau media sosial terus bertambah seiring waktu. Bahkan, Kementerian Komunikasi dan Informasi mencatat jumlah pengguna di Indonesia telah mencapai sekitar 132,7 juta orang.

Era internet, kata dia, mampu menghadirkan berbagai kemudahan yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat akan informasi maupun pemanfaatan untuk kepentingan sosial ekonomi. Namun, lanjutnya, dampak lain kehadiran internet membuka ruang lebar bagi kehadiran informasi atau berita-berita bohong tentang suatu peristiwa yang meresahkan publik.

“Data Kemenkominfo menyebutkan bahwa ada sekitar 800.000 situs di Indonesia yang telah terindikasi sebagai penyebar informasi palsu,” katanya.

Ia menyebut internet telah salah dimanfaatkan oknum tertentu untuk keuntungan pribadi dan kelompoknya dengan cara menyebarkan konten-konten negatif yang menimbulkan keresahan dan saling mencurigai di masyarakat.

“Komunitas media hingga awak media harus bisa mencegah, bukan malah menjadi provokator menyebarkan konten negatif, provokatif bahkan berita bohong,” tukasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kaffa Terpopular

To Top
Close